Laman

Selasa, 11 Mei 2010

Lebih 7 Ribu Siswa SMA Kalteng Ikuti Ujian Nasional Ulangan

TEMPO Interaktif, Palangkaraya - Sebanyak 7.344 siswa SMA/SMK/MA se-Kalimantan Tengah, terdiri dari 5.850 siswa SMA dan 1.494 siswa SMK selama empat hari (10/4-14/4) mulai melakukan ujian nasional ulangan di sekolah masing-masing.

Mereka ini merupakan bagian dari 19.362 siswa SMA/SMK/MA se-Kalteng yang dinyatakan tidak lulus UN utama tahun ajaran 2009/2010 dan diharuskan mengikuti UN ulangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Hardy Rampay, Senin (10/4), mengatakan UN ulangan ini wajib diikuti oleh semua siswa yang dinyatakan gagal dalam UN utama karena ada salah satu mata pelajaran yang diikuti belum dinyatakan lulus.

”Mereka yang mata pelajarannya belum lulus memang harus mengulang melalui UN ulangan yang diadakan oleh sekolah masing-masing. Namun demikian para siswa tidak perlu khawatir karena bobot ijazah mereka sama dengan siswa yang lulus UN utama,” ujarnya.

Hardy mengakui, secara persentase kuantitas kelulusan tingkat SMA di Kalteng memang mengalami penurun, namun secara kualitas terdapat kenaikan yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah sekolah yang dulunya banyak muridnya tidak lulus, tapi tahun ini mereka bisa meluluskan semua siswanya.

”Bahkan untuk tingkat kejujuran, Kalteng masuk yang terbaik di Indonesia. Hal ini cukup mengembirakan karena kita bisa melaksanakan UN dengan baik, tanpa ada bantuan guru atau ada kecurangan”ujarnya.

Lebih lanjut Hardy menjelaskan, bagi siswa yang saat ini tengah mengikuti UN ulangan diminta untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya agar hasilnya bisa maksimal.

”Mereka masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri, maka itu UN ulangan ini harus maksimal hasilnya untuk memperbaiki nilai mata pelajaran yang masih rendah,” tegasnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kalteng, tingkat kelulusan UN tahun ajaran 2009/2010 ini hanya mencapai 76 persen. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2008/2009 yang mencapai 97 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar